Tuesday, May 27, 2014

Alhamdulillah.

Diposkan oleh A L I N di 8:03 PM
Alhamdulillahirrobilaalmin.

Setelah 3 tahun penuh suka duka dibangku putih-abu-abu pada akhirnya saya akan menjadi calon mahasiswa baru. Alhamdulillah.


Raasnya bener-bener sekolah, rajin belajar itu baru masuk kelas 12. Konon katanya, kalau nilai semester 5 bagus maka bisa diterima di SNMPTN dan tujuan saya diakhir kelas 12 adalah diterima di SNMPTN. Oleh sebab itu, di semester 5 itu aku berjuang sungguh-sungguh dan baru ngerasa "bener-bener sekolah" :p dan alhamdulillah rata-ratanya bisa naik. Naik jauh. Dan saat itu aku juga baru sadar "Kalo aku belajar aku bisa ya, terus kelas 10 sama kelas 11 kenapa aku nggak pernah belajar" Penyesalan selalu datang akhir.
Ketika pemilihan jurusan buat SNMPTN, itu adalah saat-saat paling menggalaukan. Lihat pemandangan anak nangis di kelas setiap habis ketemu guru BK itu udah biasa. Aku pun pernah.

Perjalanan 3 tahun di SMA ditentukan oleh Ujian Nasional. Agak nggak adil sih, tapi ya mau bagaimana lagi kebijakan pemerintah.
Selama beberapa bulan, saya dan seluruh calon MG '14 digembleng materi-materi UN. Dari try out, pengayaan pagi, pengayaan sore hingga klinis. Paling sedih kalo ada pengayaan pagi... Mesti keburu-buru, sampe pernah.... sampe sekolah luka-luka gara-gara habis jatuh nabrak orang. Heuu. Tapi, pengorbanan itu nggak sia-sia :")

H-2 minggu UN, aku memutuskan untuk nggak berangkat les. Milih belajar di rumah aja. Ini belajar mati-mati-an soalnya ada beberapa mapel yang selama TUC nggak pernah dapet nilai lebih dari 7. Geografi, Ekonomi. Kan nggak mau besok UN nilainya sama kayak TUC, selain itu ingin mengerjakan dengan jujur. No joki. Taunya joki kuda #halah #abaikan.

Alhamdulillah, hari pertama UN lancar.. Tapi hari berikutnya setiap keluar ruang cuma bisa pasrah sepasrahnya. Hehehe.

Selesai UN, isinya cuma nonton drama korea. Ikut les SBMPTN di bimbel pun baru berangkat 3 kali(--,) Aku anak dzolim (?)

Wisuda di sekolah ku selalu barengan sama hari pengumuman. H-2 minggu wisuda semakin rajin sholat, berdoa, baca Al-Qur'an dengan harapan mendapat keajaiban. Akhirnya, hari wisuda pun tiba.. Entahlah dari H-seminggu aku udah yakin lulus. Dari jaman SD, yang aku khawatirin dari kelulusan adalah nilainya, soalnya selalu ngerasa lulus #BukanSombong #Selalu PositifThinkingAja
Tapi, H-1 pengumuman keluar nilai tertinggi UN se Indonesia sama Jateng dan untuk IPS nilai tertinggi cuma 55 koma berapa gitu. Dyarr!! terus nilai ku kepiye. Mulailah saya mewek-mewek takut. Nilai sudah jadi dan hanya bisa pasrah sama Allah.
Selama proses wisuda udah nggak tenang. Kebetulan aku duduk sama Rini, partner deg-deg-an paling the best. Heboh sendirilah kita selama wisuda.

Waktu orang tua udah disuruh ngambil hasilnya, tingkat deg-deg-an udah menjadi-jadi. Sehabis foto sama wali kelas aku langsung nyari Ibuk, nanyain hasilku gimana. Alhamdulillah, apa yang aku cemaskan gugur semua. Dapet nem 51,05 rasanya seneng banget. Apalagi ketika di sms bapak, "Bapak bangga mbak" Subhanallah :") Tapi, tujuan saya selain dapet nem bagus adalah keterima SNMPTN dan itu tujuan saya dari awal masuk kelas 12. Aku cuma pengen bikin orang tua semakin bangga sama aku

Kamu tau rasanya nunggu pengumuman SNMPTN? 3 hari detak jantung berpacu lebih cepat. Sumpah deg-deg-annya lebih dari deg-deg-an di sms pertama kali sama gebetan atau ngobrol bareng sama gebetan. Deg-deg-annya udah gabisa diungkapkan. Kurang beberapa jam pengumuman, aku bolak-balik kamar mandi. Iya, aku kalo stress pencernaan jadi lancar-_-

Jadi, kabarnya SNMPTN akan diumumkan jam 00:00 tgl 27 mei  udah tidur nggak nyenyak tiap jam bangun ternyata pas bangun jam 00:00 belom ada. Ternyata jam 12;00. Deg-deg-an-nya masih lama, tapi masih bisa berdoa lebih lama juga. Disyukuri aja.

Aku udah pasrah di hari-hari sebelumnya, bapak juga udah bilang kalo belom diterima juga gapapa masih ada sbmptn. Tapi aku nggak siap sbmptn :( sungguh. Berbekal pasrah dan harapan diterima, jam 12:00 mulai log in dan Alhamdulillah yang keluar ucapan selamat warna hijau. Alhamdulillah. Sumpah, kaya mimpi. Sampe hari ini masih sering buka web snmptn takut kalo pengumumannya berubah dan kemaren salah liat. Nggak bisa diungkapkan lah rasanya gimana... cita-cita dari SD kelas 3 kuliah di UGM jadi nyata itu subhanallah :") apalagi waktu dicium Ibu sambil bilang "Makasih ya, mbak. Bapak dari kemaren udah bangga sama kamu sekarang makin bangga"  :"")

Tapi, sekarang statusnya masih calon mahasiswa baru soalnya kan belom verifikasi sama daftar ulang. Semoga lancar semuanya. Tapiiii kebahagiaan nggak berlangsung lama, ketika satu persatu dapet kabar temen-temen yang belom diterima :"( Temen-temen deketku :(

Buat temen-temen seperjuangan yang udah diterima melalui SNMPTN, sesungguhnya ini adalah awal perjuangan kalian, gimana kalian bisa mempertahanin jadi kebanggaan keluarga. Nggak nyia-nyia-in kesempatan yang udah diberikan kepada kalian. dan buat yang masih harus berjuang, kalian adalah pejuang sesungguhnya. Semangat!! Allah punya rencana sendiri untuk hambaNya. Doaku menyertai kalian<3 p="">
Oiya, dari pengalaman itu aku juga jadi percaya the power of mendekatkan diri kepada Allah.

0 komentar:

Post a Comment

 

S U M M E R Template by Ipietoon Blogger Template | Privacy Policy | Contact Us | Punya Adek